Olympiade 2008 sudah selesai

Pembukaan Olympiade Bejing 2008 memang luar biasa, atau juga bisa dibilang: mencengangkan. My colleague said that this is the best olympic opening, dan tentu aja gw setuju manthuk2 sama pendapat dia -dalam hati-, gimana bisa ngga setuju coba, di 3 jam opening ceremony kita disuguhi theater raksasa, yg mereka selenggarakan di stadion susur manuk, aka. Bird’s Nest, gw cukup beruntung karena bisa lihat live.

Mungkin teman2 yg ngelihat pembukaan olympiade ini juga setuju, tapi yg gw lihat dari acara ini adalah, adanya message yg disampaikan pemerintah China, China to the World, kata mereka. Orang cina percaya jika cina adalah kiblat dunia, secara geografis mereka memang letaknya di tengah dunia. Dan mereka membuktikannya diacara ini, mereka tunjukkan ke dunia: Art, kekuatan Kapitalisme, Disiplin, Militer, Human Resource, dan Sejarah mereka sebagai bangsa yg hebat. Gw ngga yakin apa cuma gw doang yg terplongo2 sama mereka, apa orang lain juga terplongo2? soalnya dari berita2 yg gw ikutin untuk persiapan olympic ini penuh sama isu2 remeh, seperti, menginggriskan papan penunjuk jalan, isu security, isu sanitasi dan higenis, ramah tamah dengan turis, masih banyak lagi, pekerjaan yg berat buat pemerintah cina mengedukasi masyarakatnya, tapi apakah semua usaha itu terbayar? kalo gw bilang si iya, sapa coba yg berani macem2 sama China habis lihat demo power-nya China.

Sampe hari ini China masih memimpin di perolehan medali emas, tapi bagi gw Olympic 2008 udah habis, 2 cabang yg diunggulkan Indonesia, Badminton dan Heavy Lifting sudah selesai, 1 gold, 1 silver, 3 bronze. 2 perunggu dari Heavy Lifting, sisanya Badminton. Banyak kejutan yg terjadi di 2 cabang ini, Badminton secara tradisi kita memang sudah kuat, dan sepertinya harus lebih kuat lagi, selain dominasi dari China, sekarang ada Korea Selatan yg mulai nyolong perhatian. Angkat besi, Thailand dapat emas, artinya kita ada harapan dapat emas juga di olympiade berikutnya, karena di SEA games kemarin team angkat besi kita juga sudah kuat. Sepertinya bakal ada tradisi di cabang angkat besi untuk Indonesia🙂 .

63 tahun Indonesia. GO INDONESIA! MERDEKA!

One thought on “Olympiade 2008 sudah selesai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s